Rabu, 24 Juli 2013

Administrasi Perencanaan BOS Madrasah

Dalam administrasi perencanaan BOS Madrasah, kita menggunakan format BOS-K1 dan format BOS-K2. Format BOS-K1 yang kita kenal dengan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) atau RAPBM harus memuat rencana penerimaan dan rencana penggunaan uang dari semua sumber dana yang diterima madrasah.

Format BOS-K1 ini harus ditandatangani oleh Kepala Madrasah, Komite Madrasah, dan Ketua Yayasan. Dokumen ini disimpan di Madrasah dan diperlihatkan kepada pengawas, Tim Manajemen BOS Kabupaten/ Kota, dan para pemeriksa lainnya apabila diperlukan.
Format BOS-K1 ini harus disusun madrasah setahun sekali pada awal tahun ajaran, namun demikian perlu dilakukan revisi pada semester kedua. RKAM perlu dilengkapi pula dengan rencana penggunaan secara rinci yang dibuat tahunan dan tiga bulanan untuk setap sumber dana yang diterima madrasah (format BOS-K2).

Dalam menyusun form BOS-K1 ini madrasah dapat menggunakan laporan realisasi tahun sebelumnya (format BOS-K7) dan maupun tujuan/ visi misi yang ingin dicapai oleh madrasah dengan program kerja yang telah disusun.

Mulai tahun 2013 ini, Madrasah di lingkungan Kementerian Agama dalam menyusun BOS-K1 berbeda dengan tahun 2012 kemarin, susunan program telah disesuaikan dengan standar pendidikan nasional.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar